SEKALI LAGI TENTANG SENI LUKIS ABSTRAK

07.57 Edit This 0 Comments »
          SEKALI LAGI TENTANG SENI LUKIS ABSTRAK

       Seni lukis abstrak memang unik. Bentuk tiada dikenali tetapi dapat dirasakan keindahannya. Objeknya yang tiada berbentuk tapi tetapi bisa menggerakkan jiwa akankeindahan yang terkandung di dalamnya. Memang benar-benar luar biasa. Sesuatu yang tak dikenali tetapi keindahannya sangat menakjubkan. Luar biasa bagi seniman yang menciptakannya. Kreasi seni yang tiada bandingannya.
        Aliran abstraksionisme adalah aliran yang berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasi figuratif suatu objek. Figur yang dikenal dikaburkan sedemikian rupa, hingga akhirnya benar-benar lepas dari objek yang biasa dikenal dilingkungan kehidupan nyata. Memang benar-benar melepaskan diri dari sensasi figur objek yang alamiah realistis.
       Abstrak memang bentuknya tidak kongkrit. Bentuk lepas dari pemahaman orang secara umum dan berusaha melepaskan diri dari alam nyata. Karena tidak mengemukakan sesuatu yang kongkrit, lukisan abstrak terkesan sulit dimengerti. Hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai lukisan jenis ini. Kesannya, lukisan abtrak menjadi karya seni kaum elit dan hanya dipahami kaum intelek saja. Padahal sebenarnya tidak sulit memahami lukisan abstrak.
       Seni lukis abstrak bukanlah karya seni yang rumit, bukan pula karya seni yang berbelit-belit dan komplek. Tetapi suatu karya yang berusaha untuk menyederhanakan bentuk-bentuk alami yang terlalu komplek dan beragam rupa yang ada. Seni abstrak merupakan penyederhanaan atau pendistorsian bentuk-bentuk, sehingga hanya berupa esensinya saja dari bentuk alam atau objek yang diabstraksikan. Abstraksi, mengubah secara signifikan objek-objek sehingga menjadi esensinya saja.
        Apresiasi seni lukis abstrak memang perlu dilakukan. Perlu mengenal,memahami dan menikmati hasil karyanya. Menikmati lukisan abstrak dapat dilakukan dengan cara melihat keharmonisan susunan unsur-unsur visualnya. Unsur-unsur visual berupa komposisi, warna, garis, dan tekstur lukisan menciptakan kesan dan pesan tertentu. Setiap orang berhak menafsirkan lukisan abstrak sesuai dengan latar belakang pengalamannya. Karena lukisan adalah tanda visual multi interpretasi.
        Abstrak memang sesuatu yang lepas dari realis naturalis, tetapi abstrak bukanlah tiada dapat dinikmati. Banyak sudut dari karya seni lukis abstrak yang bisa dinikmati bersama. Abstrak bisa dinikmati lewat kreativitas hasil karyanya. Abstrak bisa dinikmati dari perpaduan dan  komposisi warna yang ada. Abstrak bisa dinikmati dari kehebatan dan keahlian di dalam beradu teknik lukis yang ada. Intinya lukis abstrak bisa dinikmati segi keindahannya akan hasil karya cipta seniman dari berbagai sudut pandang estetika yang dikembangkan dalam lukisan tersebut.
Penulis dan karya : Eko Kimianto
Alumni Pendidikan Seni Rupa IKIP Semarang (UNNES)





0 komentar: