PELUKIS LEGENDARIS DELSY SYAMSUMAR

07.38 Edit This 0 Comments »

Delsy Sjamsumar atau Delsy Syamsumar beliau adalah pelukis Indonesia satu-satunya yang diakui oleh Lembaga Seni dan Sejarah Perancis lewat buku literatur seni dunia "France Art journal 1974" sebagai seniman Asia Tenggara terbaik dengan segudang bakat propesi seperti sebagai pelukis, illustrator, komikus, disainer, story board film,art director, production disainer film dan sebagainya.

Dalam tulisan journal tersebut ditulis bahwa Delsy adalah " II'exellent dessinateur" dan "Litteratures Contemporaines L' Azie du Sud Est.

Disamping sebagai pelukis cerita bergambar, illustrator yang berbakat beliau juga pernah mendapat penghargaan sebagai Art Director terbaik Asia lewat film berjudul Holiday in Bali, karya sutradara H. Usmar Ismail pada festival film Asia di Tokyo tahun 1964, disaat Olimpiade musim panas berlangsung di Jepang.

Karya-karya lukisnya banyak menghiasi berbagai masmedia cetak ternama Indonesia seperti Majalah Kartini yang logonya ia ciptakan, majalah Aneka. Vista, Caraka, Singgalang, Pos Kota, Pos Fim, Majalah Film, Senang, Misteri, Amanah, Idola, Anita dan masih banyak lagi segudang masmedia lain yang ia hiasi. Karya-karya Delsy bukan hanya terpaku pada beberapa jenis media saja namun menerobos masuk ke berbagai media yang kompleks yang tidak pernah dilakukan pelukis-pelukis Asia Tenggara lainnya, seperti logo perusahaan penerbangan Indonesia "Bouraq Indonesia" , logo kuda laut Pertamina yang lama, package disain kertas tissue, kemasan kapocis, sabun mandi,sampul buku sampai ke logo rumah adat minang yang sekarang menjamur juga merupakan salah-satu dari sekian banyak karya yang ia ciptakan. Beliau juga dikenal sebagai seniman pembuat patung baik monumen, maupun patung pengganti stuntman film dan sebagainya.

Banyak sekali karya-karya komik yang ia buat seperti komik Mawar putih, Bajak laut Aceh, Pertempuran lima hari lima malam di Palembang, Mat pilun, Tonggeret, Komik pahlawan bersejarah Indonesia seperti: Diponegoro, Sentot Alibasya, Sultan Hassanudin, Christina MT, Tuanku Imambonjol, Cut Nyak Dien dan masih banyak lagi karya-karya yang tak terbilang jumlahnya. Karya-karya komiknya merupakan perpaduan antara seni lukis klasik dan moderen yang mewakili identitas wujud rakyat jelata Indonesia di antara tahun 1957 sampai dengan tahun 2001.

Pamaeran lukisan yang dilakukan bersama (biennale) dengan para pelukis ternama Indonesia seperti Basuki Abdullah, Sudjoyono dan sebagainya di Jakarta tahun 1986 telah mengangkat nama pelukis Delsy ini lebih jauh lagi karena karyanya lebih banyak terjual, termahal dan lebih banyak diminati oleh para pencandu lukisan luar dan dalam negeri Indonesia.

Saat itu para pengamat dunia lukis telah menganalisa bahwa faktor-faktor yang menjadi pendorong para pembeli karyanya adalah terletak pada wujud karyanya yang mampu mengekspresikan situasi masyarakat Indonesia yang tinggal di emper-emper warung dan toko serta kaki-lima pada downtown yang kumuh penuh realitas di zaman orde baru.

Beliau dilahirkan di Medan dengan orang tua asal Bukkitinggi, Sumatera Barat pada tahun 1935. Beliau adalah pelukis Indonesia yang belajar dari gurunya Wakidi seorang pelukis ulung dizaman orde lama..

Ditengah hempasan badai komik dan animasi Jepang yang sedang melanda Indonesia sekarang ini. Mulai banyak para pengamat komik dan animasi, ombushman, penerbit Indonesia yang merindukan munculnya kembali karya-karya seni sebagaimana zaman di saat Delsy Sjamsumar menghempaskan sapuan-sapuan kuasnya di atas kertas. Karya-karyanya memang seronok melampaui zamannya. Sehingga seringkali mendapat teguran para ulama, agamawan dan pengamat masyarakat sampai ke politikus Indonesia.

Di dunia perfilm-an ada beberapa film-film yang ikut ditanganinya seperti Malam jahanam, Kemelut hidup, Saur sepuh, Bernafas dalam lumpur, Sebelum usia 17,Jangan sakiti hatinya, Live love and tears, Buaya Deli, Jayaprana, dan sebagainya.

Beliau telah menghembuskan nafas terakhir dipangkuan istri pertamanya "Adila" pada tahun 2001 di Jakarta, Indonesia dengan meninggalkan 9 orang anak dan 5 orang istri yang pernah ia nikahi.

Sudah tentu bagi masyarakat Indonesia yang pernah melihat dan mengamati karya-karya Delsy mengelukan kebesaran karya-karyanya, dan tak heran bila karya-karya Delsy ditonjolkan sebagai pelukis dan Illustrator pewujud "Identitas seni Indonesia" . Semoga muncul Delsy-Delsy baru yang dapat mengunjukkan gigi di gelanggang seni lukis komik dan animasi dunia sebagaimana Jepang melahirkan Osamu Tezuka atau Amerika yang melahirkan Disney. (A.Dermawan).

Salah satu contoh karya beliau yang kerap-kali mewarnai penerbitan masmedia Indonesia dapat dilihat pada attachment (添付ファイル)file di bawah ini.

 

Attachment: delsy lks1.bmp
Attachment: lks4.bmp

Tags: インドネシアの漫画家イラストレーター等

Next: Memorizing an Indonesian Legendary Painter: Delsy Syamsumar

Artikel ini di ambil dari: http://logasiume.multiply.com/journal/item/1

0 komentar: