GEMERICIK AIR

18.18 Edit This 0 Comments »


GEMERICIK AIR
Media : Kertas, Cat kayu
Teknik : Melukis di atas air
          Penuangan warna sesuai  dengan suasana hati. Warna biru dominan dengan diselingi berbagai warna lain, seperti warna merah, coklat dan putih. Simbol suasana hati yang terhampar dalam luapan cinta.  Cinta yang dihiasi dengan berbagai warna kehidupan. Kadang suka  dan berganti dengan suasana lain yang mengharu biru. Luapan warna merah pertanda bahwa cinta butuh adanya perjuangan.
          Perjuangan heroik yang menggambarkan betapa romansa cinta sangat amat berharga. Kadang harus diiringi dengan ketegasan dan diantaranya dibutuhkan juga dengan kekerasan untuk mempertahankan cinta. Walau kadang kecengengan cinta terlihat jelas dalam realita yang ada. Malah sering pula teriring dengan  tertumpahnya darah. Hingga tangispun keluar dari nurani terdalam hanya karena untuk merasakan pedihnya  gegap gempita warna-warna cinta.
          Warna merah diantara warna biru memberikan makna perjuangan cinta yang terkadang harus diiringi dengan darah yang harus ditumpahkannya. Tapi tidak semua cinta harus begitu kejam dan bengis. Tinggal sang pelaku cinta dalam mendalami makna cinta yang terkuak. Haruskah curahan jiwa dituangkan dalam bentuk emosional yang memerah, penuh kemarahan dan api cemburu yang begitu membara.
           Cinta halus murni juga sekian banyak ditemukan dalam kehidupan ini. Bagai sandiwara romantis yang penuh dengan keindahan dalam asmara. Hingga semesta serasa membiru menyambut keindahan akan estetika cinta. Hal ini yang membuat insan akan kecanduan  pada aroma cinta membara penuh dengan cumbu rayu nan mesra. Berjalan beriring sepanjang jalan, bergandeng tangan tangan  seakan tiada dapat terpisahkan. Meninggalkan memori yang takkan terhapus sepanjang masa.
          Karya kontemporer  dengan menggunakan media air untuk mengungkapkan warna yang tertempel pada suatu media kertas. Memang lebih terlihat ekspresif dengan alur warna yang lebih gemulai mengikuti gerakan air yang lebih lentur dan halus. Hal ini membuat karya-karya yang bergenre seperti ini lebih unggul dalam perpaduan alur warna yang dihasilkan. Karya ini memang lebih untuk mengungkap akan kelebihan yang ada pada karya yang diciptakan melalui kontoversi antara air dan minyak  sebagaipelarut warna-warna cat yang ada.
Penulis : Eko Kimianto, S.Pd
Alumni : Pendidikan Seni Rupa IKIP Semarang (UNNES)

0 komentar: