DEWI KAMARATIH

16.49 Edit This 0 Comments »
DEWI KAMARATIH, diambil dari http://ki-demang.com/gambar_wayang/index.php?option=com_content&view=article&id=1161&Itemid=1184

DEWI KAMARATIH

Dewi Kamaratih adalah putri Sang Hyaug Resi Soma. Ia sebangsa bidadari dan bertempat tinggal tetap di Kaendran. Bidadadari ini tak pernah berpisah dengan Hyang Kamajaya, suaminya. Kehidupan Hyang Kamajaya dan Dewi Ratih mejadi lambang kehidupan rukun serta setia suami-istri. Dewa dan Dewi ini selalu menjaga keselamatan umat manusia yang bersuami-istri.

Dewi ini sangat kenes (keletah), apalagi ketika ia bertemu dengan Arjuna. Gambarnya menunjukkan, bahwa Dewi ini seorang orang yang tangkas, ini dapat ditilik dari mukanya yang mendongak dan sikap bertolak pinggang.

Dewi Kamaratih bermata jaitan, berhidung mancung, bermuka mendongak, dan berambut udal, terurai. Berjamang dengan garuda besar membelakang, bersunting waderan panjang. Berkalung ulur-ulur. Bergelang dan berpontoh. Berkain dodot putren. Bersepatu dan bersuara nyaring. (Artikel diambil dari http://ki-demang.com/gambar_wayang/index.php?option=com_content&view=article&id=1161&Itemid=1184).


0 komentar: