PARA ISTRI ARJUNA 8: WILUTAMA

20.05 Edit This 0 Comments »
Gambar Wilutama yang diambil dari http://sudarjanto.multiply.com/photos/photo/210/37

Wilutama versi Solo. Wilutama adalah istri ke delapan dari Arjuna berputra raden Wilugangga. gambar ini diambil dari http://ki-demang.com/gambar_wayang/index.php?option=com_content&view=article&id=1101&Itemid=1114

DEWI WILUTAMA
DEWI WILUTAMA adalah salah seorang dari tujuh bidadari upacara Suralaya yang terdiri dari ; Dewi Supraba, Dewi Lenglengdanu, Dewi Gagarmayang, Dewi Tunjungbiru, Dewi Irimirin dan Dewi Warsiki. Karena kecerdasannya oleh Sanghyang Manikmaya, Dewi Wilutama ditetapkan sebagai kepala dari ketujuh bidadari upacara Suralaya tersebut.

Dewi Wilutama pernah turun ke Arcapada melaksanakan perintah Sanghyang Manikmaya untuk mempertemukan titisan Bathara Derma dengan Bathari Dermi. Waktu itu Bathara Derma menitis pada Raden Samba, Putra Prabu Kresna dengan Dewi Jembawati. Sedangkan Bathari Dermi, menitis pada Dewi Hagnyanawati, putri Prabu Narakasura raja negara Surateleng, yang telah menjadi istri Prabu Bomanarakusra, raja negara Prajatisa/Surateleng.

Menurut cerita pedalangan, Dewi Wilutama pernah turun ke Arcapada menjelma menjadi kuda sembrani betina dan membawa terbang Bambang Kumbayana/Resi Drona menyeberangi lautan yang waktu itu sedang mencari Arya Sucitra. Dalam peristiwa itu terjalin hubungan asmara antara Dewi Wilutama dengan Bambang Kumbayana. Akibatnya Dewi Wilutama hamil, dan melahirkan seorang putra lelaki yang mempunyai ciri-ciri berambut dan bertelapak kaki kuda, yang diberi nama Bambang Aswatama. (Artikel diambil dari http://sudarjanto.multiply.com/photos/photo/210/37).

Dalam cerita yang lain Wilutama adalah salah seorang bidadari yang di persunting oleh Raden Arjuna. Wilutama merupakan istri Arjuna yang kedelapan. Dari hasil perkawinannya itu lahirlah seorang putra yang di beri nama Wilugangga.


0 komentar: