KISAH ANOMAN

15.59 Edit This 0 Comments »
Grafis Wayang Anoman Gagrak Surakarta, gambar diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Anoman adalah kera berbulu putih,ibunya adalah Dewi Anjani,sedangkan ayahnya adalah Batara Guru.Pada saat Ramawijaya mengerahkan bala tentara kera menyerbu Kerajaan Alengka untuk membebaskan Dewi Sinta yang diculik Dasamuka,Anoman bertindak sebagai salah satu senapatinya.Batara Guru memerintahkan Batara Bayu untuk mengasuhnya.Itulah sebabnya Anoman juga diberi nama Bayusuta atau Bayutanaya,Maruti atau Marutasuta.

Grafis Wayang Anoman Gagrak Jogjakarta, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Sebagai putera angkat atau anak asuh Batara Bayu,Anoman mengenakan kain Poleng Bang Bintulu Aji dan berkuku Pancanaka.Dalam pewayangan ada sembilan tokoh yang merupakan ’saudara tunggal Bayu‘.Mereka adalah Anoman,Bima,Wil Jajahwreka,Begawan Maenaka,Liman Situbanda,Dewa Ruci,Garuda Mahambira,dan Naga Kuwara.

Wayang Kulit Anoman gaya Surakarta, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Anoman setelah dewasa,diperintahkan Batara Guru turun ke dunia untuk mengabdi pada Ramawijaya yang merupakan titisan Batara Wisnu.Anoman menjumpai Rama dan Laksmana ketika kedua ksatria itu sedang dalam perjalanan menuju kerajaan Alengka.

Wayang Kulit Anoman gagrak Jogjakarta, gambar ini diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Saat itu Anoman sedang diperintah Sugriwa,raja Guwakiskenda mencari bantuan untuk mengalahkan Subali.Setelah Ramawijaya membunuh Resi Subali,Sugriwa bersedia membantu usaha Rama membebaskan Dewi Sinta dengan mengerahkan bala tentara keranya.

Wayang Kulit Anoman gaya Surakarta, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Pada waktu Dewi Sinta disekap di taman Argasoka,Alengka,Ramawijaya mengutus Anoman untuk menemui istrinya secara diam-diam.Anoman berhasil menyelundup masuk dan bertemu muka serta menyampaikan pesan Ramawijaya kepada Dewi Sinta.

Wayang Kulit Anoman gagrak Cirebon, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Sesudah menunaikan tugasnya,Anoman kemudian membuat huru-hara di Alengka.Dasamuka kemudian memerintahkan Indrajit,anaknya untuk menangkap Anoman.Dengan panah Nagapasa yang berubah menjadi ribuan ular yang melilitnya,Anoman berhasil diringkus.

Wayang Kulit Anoman triwikrama, gambar diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Wayang Kulit Anoman triwikrama, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Dalam keadaan terikat Anoman lalu dibakar hidup-hidup.Tetapi justru dengan bulunya yang terbakar itulah,Anoman berhasil meloloskan diri sambil membakar istana Alengka.

Wayang Golek Purwa Sunda Anoman, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Pada waktu terjadi penyerbuan ke Alengka,Anoman bertindak sebagai salah satu senapatinya dan berhasil menindih tubuh Prabu Dasamuka dengan gunung karena Raja Alengka itu selalu dapat hidup kembali setelah terkena panah Ramawijaya.

Gambar Tokoh Hanuman versi India, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/

Dengan Dewi Sayempraba,Anoman mempunyai anak berujud kera juga yang diberi nama Trigangga atau Triyangga.Sedangkan dengan Dewi Purwati mempunyai anak bernama Purwaganti.
Wayang Kulit Anjila Kencana dan Anoman gagrak Jawa Timuran, diambil dari http://teguhsrahardjo.blogdetik.com/wayang/


Anoman tua kemudian tinggal di pertapaan Kendalisada,dan menjadi pertapa bernama Begawan Mayangkara.Anoman memang ditakdirkan berumur panjang,karena mendapat tugas dari para Dewa untuk menjaga Prabu Dasamuka.Raja Alengka ini tidak dapat mati karena memiliki aji Pancasona yang diwarisinya dari Resi Subali.Karena setiap kali mati,dan tubuhnya menyentuh bumi,ia akan hidup kembali.
(Artikel ini diambil dari

0 komentar: