EL LISSITZKY

06.34 Edit This 0 Comments »
Konstruksi dari potret diri El-Lissitzky, diambil dari http://pshycochrometd1a.wordpress.com/2008/03/19/constructivism/

Salah satu bentuk karya Lissitzky, diambil dari http://pshycochrometd1a.wordpress.com/2008/03/19/constructivism/

Karya Lissitzky pada tahun 1925, diambil dari http://pshycochrometd1a.wordpress.com/2008/03/19/constructivism/

El Lissitzky (1890-1941)

Nama originalnya Lazar Markovich Lissitzky, lahir 23 november di Smolensk, Rusia. Ia adalah seorang seniman, desiner, fotografer, guru, tipografer, dan arsitek. Ia adalah satu dari figur-figur yang penting dalam avant-garde Rusia, membantu mengembangkan suprematisme, dan mendesain banyak pameran, dan mengerjakan propaganda untuk Spviet Union yang dulu.

Karyanya berpengaruh besar terhadap Bauhaus, konstruktivis, danpergerakan De Stijl yang di eksperimen dengan tekhnik produksi dan alat gaya yang akan mendominasi desain grafis abad 20.

Seluruh karir Lissitzky di hubungkan dengan kepercayaan bahwa seniman dapat menjadi agen sebagai gantinya, yang ada dalam ringkasan dengan dekritnya, “das zielbewußte Schaffen” (The goal-oriented creation- Ciptaanyang diorientasikan oleh cita-cita).

Ia adalah seorang Yahudi, ia memulai karirnya menilustrasi buku anak Yiddish untuk mempromosikan budaya Yahudi di Rusia, sebuah negara yang mengalami perubahan besar pada saat itu dan sudah dicabutnya kontra undang-undang Semit. Mulai umur 15 tahun, ia nulai mengajar; pekerjaan seumur hidupnya. Bertahun-tahun ia mengajar dalam berbagai variasi posisi, sekolah, dan medium artistik, menyebarkan dan, bertukaran ide-ide dalam laju yang kilat. Ia membawa etiknya bersamanya saat ia bekerja dengan Malevich dalam mengepalai kelompok seni suprematis yaitu UNOVIS, pada saat ia mengembangkan karya suprematisnya, Proun, dan selanjutnya masih di tahun 1921, saat ia bekerja sebagai duta besar seni Rusia di Weimar, Jerman, bekerja dengan dan mempengaruhi figur-figur penting dalam pergerakan Bauhaus dan De Stijl selama disana. Dalam tahun-tahun yang ada ia membawa inovasi yang signifikan dan perubahan dalam bidang tipografi, pameran desain, photomontage, dan desain buku, memproduksi secara kritis kerja yang terhormat dan memenangkan International Accalim untuk pameran desain nya. Itu terus berlanjut sampai wafatnya di tempat tidur, dimana pada tahun 1941 ia membuat 1 dari karya dia yang diketahui, yaitu poster propaganda Soviet yang mengerahkan orang untuk membuat lebih banyak tangki demi perjuangan melawan Nazi Jerman. (Artikel diambil dari

http://pshycochrometd1a.wordpress.com/2008/03/19/constructivism/).

0 komentar: