WERKUDARA (BIMA/BRATASENA)

07.37 Edit This 0 Comments »


BIMA atau Werkudara dikenal pula dengan nama Balawa, Bratasena, Birawa, DEandunwacana, Nagata, Kusumayuda, Kowara, Kusumadilaga, Pandusiwi, Bayuseta, Sena atau Wijasena. Ia putra kedua dari Prabu Pandu, raja negara Astina dengan Dewi Kunti, putri Prabu Basukunti dengan Dewi Dayita dari negara Mandura. Bima mempunyai 2 orang saudara kandung bernama Puntadewa dan Arjuna, serta 2 orang saudara lain ibu, yaitu Nakula dan Sadewa.
BIMA memiliki sifat dan perwatakan; gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur. Ia memiliki keistimewaan ahli bermain gada dan memiliki berbagai senjata antara lain; Kuku Pancanaka, Gada Rujakpala, Alugara, Bargawa (kapak besar) dan Bargawasta, sedangkan ajian yang dimiliki adalah aji Bandungbandawasa, Aji Ketuklindu dan Aji Blabakpangantol-antol.
BIMA juga mempunyai pakaian yang melambangkan kebesaran yaitu; Gelung Pudaksategal, Pupuk Jarot Asem, Sumping Surengpati, Kelatbahu Candrakirana, ikat pinggangNagabandadan celana Cinde Udaraga. Sedangkan berbagai anugerah Dewata yang diterimanya antara lain: Kampuh/kain Poleng Bintuluaji, Gelang Candrakirana, Kalung Nagasasra, Sumping Surengpati dan pupuk Pudak Jarot Asem.
Bima tinggal di Kadipaten Jodipati, wilayah negara Amarta. Ia mempunyai 3 orang istri dan 3 orang anak yaitu: 1. Dewi Nagagini, berputra Arya Anantareja, 2. Dewi Arimbi, berputra Raden Gatotkaca, dan 3. Dewi Urangayu, berputra Arya Anantasena.
Bima mempunyai akhir riwayat yang diceritakan, mati sempurna (muksa) bersama ke empat saudaranya setelah berakhirnya perang Bharatayuda,
(Artikel dan gambar diambil dari buku Mengenal Tokoh Wayang jilid Tiga karya Drs. H. Solichin dan Ki Waluyo.)

0 komentar: