KARYA LUKIS ANAK (MELUKIS LEWAT KOMPUTER)

08.37 Edit This 0 Comments »
Melukis di komputer "LINGKUNGANKU" dibuat oleh Artchi Fauzil Adhim.
Karya lukis komputer "TRUK KELUAR DARI HUTAN" dibuat oleh Artchi Fauzil Adhim.
Melukis di komputer "MOBIL MERAHKU" hasil karya Artchi Fauzil Adhim.
Kreatifitas anak lewat komputer "MOBILKU DI TERIK MATAHARI" karya cipta Artchi Fauzil Adhim
KREATIFITAS ANAK
Usia TK dan SD kelas 1, merupakan jenjang usia anak dalam perkembangan untuk mengungkapkan rasa keingintahuan dan luapan emosional secara bebas. Anak sangat ingin tahu dengan mencoba berbagai hal yang belum diketahuinya. Di samping itu anak juga belum dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan bermoral. Rasa keingintahuan yang tinggi inilah yang membawa anak ke dalam dunia imajinasi yang tinggi. Imajinasi yang merambah ke dalam berbagai arah kebebasan tanpa batas dan aturan yang terlalu mendikte. Kebebasan inilah sebagai tahap pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dalam berkreasi. Kreatifitas anak akan dapat memunculkan sesuatu yang baru dan surprise/kejutan-kejutan tanpa kita sadari.
LUKISAN ANAK
Lukisan anak merupakan salah satu bentuk kreatifitas yang diungkapkan melalui kemampuan dasar yang dimilikinya. Kemampuan ini akan berkembang sesuai dengan tingkat usia yang ada, disamping ada faktor lain seperti bakat dan lingkungan yang mendukung. Bentuk lukisan anak usia TK dan SD (kelas 1) adalah berdasarkan penangkapan objek lukis yang sesuai dengan pengalaman yang telah diterima dari apa yang pernah diamatinya. Pengamatan sebagai pengalaman imajinasi ini yang menuntun si anak untuk berkarya dan berimajinasi yang tidak akan mudah diterima oleh pemikiran orang yang telah dewasa. Biarkan anak berkembang sesuai pengalaman yang ada dan jangan sekali-kali membatasi dan mengatur sesuai dengan pemikiran orang dewasa. Aturan dan batasan inilah yang dapat berakibat anak takut untuk berkreasi dan belajar mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Orang tua hanyalah sebagai sarana untuk melengkapi kebutuhan yang diperlukan dan mengarahkan pada hal-hal yang secara moral bernilai positif. Bentuk lukisan anak memang ada kecenderungan untuk membuat objek yang sederhana tapi bernilai kresi dan imajinasi yang sangat tinggi. Pemilihan warnapun sesuai dengan usia mereka yaitu kecenderungan memilih warna-warna yang cerah, kontras dan bermakna kebahagiaan dan kesenangan yang tanpa batas. Warna menyolok dan berkesan panas juga terang ini merupakan simbol tingkat kehidupan berdasarkan usianya.
MELUKIS LEWAT KOMPUTER
Perkembangan yang begitu pesat saat ini juga berpengaruh pada dunia seni. Tidak terkecuali pengungkapan seni pada anak. Anak-anak sekarang sudah mengenal dunia komputer dan internet. Melalui media seperti ini anak-anak menyalurkan hasrat kesenangan dan kreatifitasnya, misalnya bermain games, mengasah kemampuan lewat teknik-teknik yang disediakan oleh perangkat komputer maupun melukis/menggambar juga melalui sarana komputer yang ada. Komputer telah menyediakan sarana untuk menggambar/melukis seperti tersedianya alat, bahan maupun teknik yang dipersiapkan untuk berkarya secara manual. Melukis pada komputer, anak tinggal mengklik keinginan untuk menggunakan alat sesuai kesenangannya misalnya pensil, spidol, kwas dan lain-lainnya. Warnapun tinggal memilih mana yang akan digunakan. Tetapi yang perlu ditekankan adalah biarlah anak berkreasi sesuai kemampuan yang ada dan jangan terlalu diatur dan dibatasi untuk mengungkapkan daya kreatifitasnya.

0 komentar: