TEMPAT-TEMPAT ARTISTIK DAN BERSEJARAH DI SEMARANG

09.49 Edit This 0 Comments »
LAWANG SEWU merupakan sebuah gedung yang terdapat di Semarang Jawa Tengah. Gedung tersebut merupakan kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Di bangun pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907, terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelmina Plein. Masyarakat menyebut Lawang Sewu karena gedung tersebut memiliki pintu yang banyak sekali
GEREJA BLENDUG adalah gereja tertua di Jawa Tengah yang di bangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di Semarang pada tahun 1753, dengan bentuk heksagonal (persegi delapan). Sesungguhnya gereja ini bernama GPIB Immanuel, di Jalan Letjen Suprapto 32. Gereja Blendug direnovasi pada tahun 1824 oleh W. Westmaas dan H.P.A de Wilde, yang menambah 2 menara di depan gereja ini. Blendug adalah julukan dari masyarakat yang berarti KUBAH.

TUGU MUDA pada awalnya didirikan untuk memperingati peristiwa pertempuran 28 Oktober 1945, Gubernur Jawa Tengah Mr. Wongsonegoro meletakkan batu pertama dialoon-aloon Semarang. Kemudian di lanjutkan Wali Kota Semarang Hadi Soebeno Sosro Wardoyo membentuk panitia Tugu Muda pada lokasi yang ada sekarang ini. Desain dikerjakan oleh Salim, sedangkan relief tugu dikerjakan oleh seniman Hendro. Pada tanggal 20 Mei 1953 bertepatan dengan kebangkitan Nasional, Tugu Muda diresmikan oleh presiden Soekarno.P

Keindahan pantai yang menarik, di ambil dari pinggir Pelabuhan Tanjung Emas tempo doeloe dengan memperlihatkan keangkuhan Mercusuarnya pada saat itu.
KUIL SAM POO KONG atau Gedung Batu adalah sebuah kuil Tionghoa yang terletak di daerah Simongan Semarang Indonesia. Tempat ini konon sebuah mesjid yang dijadikan tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam.





0 komentar: