KARYA 2 DIMENSI KRIYA TEKSTIL

10.02 Edit This 1 Comment »
IDENTIFIKASI KARYA 2 DIMENSI KRIYA TEKSTIL
a. Pengertian karya seni kriya tekstil
Tekstil adalah barang-barang yang dihasilkan dari proses menenun. Barang-barang tekstil meliputi segala hal yang dibuat dengan cara ditenun dan dirajut seperti kain, pakaian, perlengkapan rumahtangga dan lain-lain. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan berbagai karya seni kriya atau seni terapan yang berkaitan atau menggunakan bahan tekstil.
b. Jenis karya seni kriya tekstil
Bentuk dan jenis karya seni kriya tekstil sangat beragam oleh karena itu perlu mengklsifikasikan karya seni kriya tersebut secara sistematis. Klasifikasi tersebut antara lain:
1. Desain Tekstil
Kelompok ini terdiri atas segala bentuk rancangan tenun, rancangan pakaian, rancangan motif dan rancangan barang-barang rumah tangga dan asesoris.
2. Tenunan Tradisional
Tenunan tradisional adalah segala bentuk hasil tenun yang diperoleh dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Hasil karya yang termasuk dalam kelompok ini harus menampilkan cirri khas tertentu yang bernilai seni. Contoh: Tenun Ikat dari daerah Nusa Tenggara Timur, Ulos dari daerah Sumatra, Jumputan dari daerah Jawa Tengah dan lainnya.
3. Batik
Membatik adalah semua bentuk kriya tekstil yang dihasilkan melalui proses membatik. Bentuk-bentuk yang termasuk jenis karya ini dihasilkan dari pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa. Karya batik mempunyai tempat khusus dalam pengelompokan jenis karya seni kriya tekstil. Batik dapat digunakan sebagai kain serta dapat digunakan sebagai busana jahitan.
4. Busana dan Aksesoris
Karya tekstil yang digunakan sebagai busana maksudnya adalah karya yang dibuat menggunakan ketrampilan tangan dan bukan dari industri. Sedang yang termasuk aksesoris adalah segala benda-benda yang difungsikan sebagai hiasan dalam berbusana, missal bando, pita, kipas, tas tangan dan sbagainya.
5. Perlengkapan Rumah Tangga dan Hiasan Ruangan
Benda-benda tekstil yang menjadi bagian keperluan rumah tangga serta hiasan ruangan, misalnya taplak meja, kain korden, hiasan dinding, serbet makan, celemek, sarung bantal, sprei dan sebagainya.

1 komentar:

Pria Sejati mengatakan...

yah bagus untuk tambahan referensi