Hingar Bingar Pendidikan di Pedesaan

11.18 Edit This 1 Comment »
Pendidikan merupakan sesuatu yang dianggap sangat penting sekali dalam perkembangan kehidupan manusia. Manusia dapat dikatakan bermartabat atau tidak juga dapat diukur dengan tingkat pendidikan yang diperoleh, manusia terpandang dalam lingkungannya karena salah satunya dilihat dari tingkat pendidikannya. Hal tersebut tidak terkecuali baik orang yang ada di perkotaan maupun di pedesaan, walaupun diperkotaan pendidikan merupakan satu kebutuhan primer. Di pedesaan pandangan tersebut menjadi agak bergeser, dikarenakan beberapa kepentingan dan kebutuhan di wilayah tersebut. Salah satu penyebabnya yaitu kebutuhan hidup dipedesaan dan kemampuan material masyarakat yang sangat terbatas. Pendidikan di pedesaan mempunyai kekhasan tersendiri, dengan berbagai kendala yang ada. Pada era sekarang pendidikan di pedesaan mulai menggeliat memperlihatkan perkembangannya, semakin melambung dengan adanya trik-trik pemerintahan Yudhoyono yang lebih cenderung pada peningkatan pendidikan rakyatnya, itu adalah salahsatu nilai positifnya.
Lepas dari masalah pemerintahan yang lebih bersifat politis, masyarakat pedesaan mulai menemukan hingar bingar pendidikan yang gratis, sehingga pendidikan dapat ditempuh oleh semua kalangan masyarakat, baik yang mampu maupun yang tidak mampu secara materialistis. Masyarakat pedesaan terutama dari kalangan bawah mulai merasakan hingar bingar pendidikan yang sebenarnya, artinya pendidikan sudah tidak dibatasi oleh kendala keuangan belaka tetapi harus dibuktikan oleh kemampuan intelegensi peserta didik.
Masyarakat mulai merasakan pendidikan tanpa dibebani kapan harus membayar administrasi sekolah, tetapi yang menjadi kendala akankah ini akan bersifat langgeng apabila suatu saat pemerintan mulai berganti dari suatu era ke era yang lain. Apakah ini hanya bersifat politis saja? Kalau hal ini terjadi hancurlah pendidikan di Indonesia, tak ada hingar bingar masyarakat pedesaan tentang sekolah gratis, tentang masa depan yang cerah, tentang nikmatnya ilmu yang tinggi yang bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat maupun bangsa ini.
Semoga yang ada dibenak pemimpin bangsa, entah siapapun juga, selalu mengutamakan pendidikan sebagai unsur terdepan untuk memajukan bangsa ini. Di negara manapun juga yang menginginkan kemajuan bangsanya, selalu menjunjung tinggi dan meningkatkan semua unsur yang ada dalam pendidikan. Hal ini semoga dapat membuka para pemimpin kita untuk menatap kemajuan dan kejayaan bangsa ini.