BUDAYA CHINA DALAM PERBATIKAN INDONESIA

16.52 Edit This 0 Comments »
Batik China diambil dari http://batikberry.co.cc/

Salah satu contoh batik print buatan China, gambar diambil dari http://moxiximo.wordpress.com/tag/batik-cina/

Pengaruh budaya China pada kehidupan di bumi Nusantara telah dirasakan sejak abad ke-13 dan semakin berkembang hingga orang-orang China mulai membuat batik pada awal abad ke-19.
Pengaruh China pada zaman tersebut memengaruhi corak dan ragam motif batik yang melahirkan perpaduan karya seni batik oriental dan Nusantara yang sangat indah.
Akulturasi budaya sejak ratusan tahun lalu dan terus berkembang sampai saat ini makin terasa seiring semakin dibukanya peluang masyarakat etnis Tionghoa untuk mengekspresikan budayanya.
Orang-orang China yang saat itu mendirikan permukiman-permukiman, terutama di badar-bandar penting di Pulau Jawa, seperti Indramayu, Cirebon, Pekalongan, Lasem, dan Tuban, berbaur dengan penduduk asli.
Mereka bahkan ada yang melakukan perkawinan budaya dan melahirkan keturunan yang disebut "peranakan".
Uniknya, etnis China di Nusantara tetap membawa serta adat istiadat, agama, dan budaya tanah leluhur mereka dengan diselaraskan dengan budaya setempat.
Banyak etnis China yang akhirnya berpakaian dengan mengikuti cara berpakaian penduduk setempat. Para wanitanya mengenakan sarung batik, sedangkan prianya memakai celana dari bahan batik.
Hal itulah yang menyebabkan munculnya kreasi batik-batik dengan ragam hias yang berasal dari budaya China.



Batik China adalah jenis batik yang dibuat oleh orang-orang China atau peranakan yang pada mulanya menampilkan pola-pola dengan ragan hias satwa mitos China, seperti naga, siang, burung phoenix (burung hong), kura-kura, kilin (anjing berkepala singa), serta dewa dan dewi Konghucu.
Ada pula ragam hias yang berasal dari keramik China kuno serta ragam hias berbentuk mega dengan warna merah atau merah dan biru.
"Pada 1910-an, berkembanglah batik China yang mengandug ragam hias buketan atau bunga-bunga karena batik China mulai dipengaruhi pola batik Belanda yang pada saat itu sangat laku di pasaran," kata Asti Suryo, Asisten Manajer Kurator Museum Batik Danar Hadi Solo.
Perlengkapan keagamaan
Kepandaian orang-orang China berdagang serta keuletan dalam berusaha akhirnya membuat mereka dapat menempatkan batik sebagai mata dagangan ekspor.
"Mereka dapat dikatakan merupakan lingkungan pertama yang mengembangkan batik sebagai kebutuhan busana dan gaya berpakaian serta pola-pola batik di lingkungan mereka sehingga lahirlah apa yang disebut batik China," katanya.
Selain sebagai bahan busana, sebagian besar batik yang mereka hasilkan digunakan sebagai perlengkapan keagamaan, seperti kain altar (tok-wi) dan taplak meja (muk-li).
Sarung-sarung batik yang mereka hasilkan berupa batik-batik dengan pola yang bentuknya sangat mirip dengan pola tekstil ataupun hiasan pada keramik China, seperti banji yang melambangkan kebahagian ataupun kelelawar yang melambangkan nasib baik.
Pada perkembangannya, batik China menampakkan pola-pola yang lebih beragam, antara lain pola-pola dengan pengaruh ragam hias batik keraton seperti yang terlihat pada batik dua negeri dan tiga negeri.
Daerah perkembangan batik China meliputi daerah pesisir ataupun pedalaman dengan nuansa yang dipengaruhi lingkungan. Daerah tersebut adalah Cirebon, Pekalongan, Lasem, Demak, dan Kudus.
Lasem terkenal dengan selendang lokcan-nya (burung phoenix) sebagai ragam hias utamanya, sedangkan Demak dan Kudus mempunyai ciri khas dalam isen latar, antara lain gabah sinawur, dele kecer, dan mrutu sewu.
Pekalongan, sebagai tempat terdapatnya perusahaan-perusahaan batik China, menghasilkan karya-karya "terbaik", seperti Oey Soe Tjoen, The Tie Siet, dan Oey Kok Sing, mempunyai ciri khas produk yang terpengaruh budaya Belanda.
Meski demikian, batik China yang dibuat mereka tetap mengandung nilai filosofis China. Hal itu sesuai dengan paham yang dianut orang China bahwa usia menentukan apa yang dipakai.
Kini batik China masih meninggalkan jejaknya di dunia perbatikan Indonesia dan terkenal dengan karya batik yang merupakan adikarya batik Indonesia, katanya.
Batik "printing"
"Batik tetap milik bangsa Indonesia. Apa yang terjadi dalam perkembangan batik itu hanya terpengaruh seni dan budayanya saja, tetapi yang membatik juga bangsa-bangsa kita sendiri," kata Diana Santosa SE, Manajer PT Danar Hadi Solo.
Jadi, meskipun motif-motif batik China telah berkembang di Indonesia, di negara China sendiri tidak ada batik tulis atau cap yang dibuat seperti di Indonesia.
"Di China itu adanya hanya batik printing seperti apa yang juga dibuat di Indonesia dan itu sebagian besar juga pesanan dari para pedagang Indonesia karena di China lebih murah," kata Diana Santosa, putri pengusaha batik terkenal di Indonesia.
Batik Danar Hadi tiga tahun lalu sebagian besar dipakai kaum pria, tetapi sekarang sudah tidak lagi. "Konsumen kaum putri saat ini mengalami kenaikan yang signifikan," katanya.

"Permintaan pakaian batik untuk kaum wanita di tempat kami mengalami kenaikan 100 persen lebih, sampai kami mengalami kesulitan untuk mencari penjahit pakaian wanita untuk memenuhi permintaan konsumen itu," katanya.
Diberlakukannya China-ASEAN Free Trade Agreement (CAFTA), bagi PT Danar Hadi tidak ada masalah. CAFTA merupakan tantangan yang harus disikapi dengan baik.
"Jadi, tekstil dari China yang masuk ke Indonesia bukan batik seperti kita miliki itu, tetapi itu tekstil batik. Batik seperti yang kita miliki dengan batik printing jelas itu sangat berbeda," paparnya.
Untuk menyikapi persoalan-persoalan tersebut, PT Batik Danar Hadi Solo juga terus mencari terobosan-terobosan dalam memasarkan dan mempertahankan eksistensi keberadaan batik Indonesia yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia.
PT Batik Danar Hadi pada tanggal 6-13 Februari 2010 akan menggelar Festival Batik China dan sekaligus menggelar pameran "Batik China Kuno" di Museum Batik Danar Hadi Solo untuk umum, kata public relation and communication consultan acara tersebut RAy Febri H Dipokusumo.
Acara tersebut, selain untuk hari kunjungan museum, juga dalam rangka menyambut Imlek 2010. Pada acara itu nantinya akan diperagakan batik-batik yang bermotif budaya China. Serta akan digelar pameran batik China kuno koleksi PT Batik Danar Hadi.
H Santosa Doellah, pemilik PT Batik Danar Hadi, memiliki koleksi batik China kuno sebanyak 2.800, di antaranya ada yang berumur 200 tahun yang nantinya akan dipamerkan.
Lewat pameran batik itu diharapkan generasi muda mengetahui perjalanan panjang batik yang ada di Indonesia.

Sumber :http://community.um.ac.id (Artikel ini diambil dari http://mencintainegerichina007.blogspot.com/2010/05/budaya-china-dalam-batik-indonesia.html).

0 komentar: