MOTIF MAJAPAHIT

18.13 Edit This 11 Comments »
Motif Majapahit merupakan salah satu motif ukiran tradisional yang telah berkembang di Jawa khususnya atau Nusantara pada umumnya. Secara garis besar motif Majapahit mempunyai ciri-ciri yang dapat dibagi menjadi dua yaitu ciri-ciri umum dan ciri-ciri khusus.
Ciri-ciri umum:
Semua bentuk ukiran daun, bunga dan buah berbentuk melengkung cembung dan cekung. Dengan kata lain motif Majapahit mempunyai ciri-ciri secara umum mempunyai bentuk campuran antara yang cembung dan cekung.

Ciri-ciri khusus:
  1. Angkup, motif Majapahit mempunyai bentuk yang disebut dengan angkup. Angkup pada motif ini berbentuk cekung dan berikal. Bentuk ini terdapat pada bagian atas sedangkan pada ujung angkup terdapat ikal sebagai akhir dari angkup tersebut.
  2. Jambul Susun, merupakan salah satu ciri khas yang ada pada motif Majapahit. Jambul Susun terletak pada muka daun pokok dengan pengulangan bentuk yang berkali-kali. Sesuai dengan namanya Jambul Susun ini bentuknya tersusun secara berulang-ulang di depan agak ke atas pada daun pokoknya.
  3. Daun Trubus, pada motif Majapahit ini kebanyakan tumbuh di atas pada daun pokok. Trubus yang terdapat di atas ini jumlahnya juga mengalami pengulangan secara berkali-kali dengan jumlah yang tergolong banyak.
  4. Simbar, berbentuk seperti Simbar yang terdapat pada motif ukiran lainnya. Simbar juga berfungsi sebagai penambah keindahan saja. Bentuk ini memang bukanlah bentuk inti pada motif Majapahit. Simbar hanyalah sebagai pelengkap atau untuk sarana penunjang estetika. Biasanya terletak pada bagian pangkal depan dari daun pokok.
  5. Benangan, motif ini kadang-kadang mempunyai benangan rangkap di samping juga terdapat benangan garis. Benangan ini terdapat pada daun pokok bagian depan dimulai dari pangkal mengikuti alur lengkungan daun pokoknya menuju dan berakhir pada ulir/ukel.
  6. Pecahan, seperti halnya pada motif yang lain, pecahan pada motif Majapahit mempunyai dua jenis pecahan yaitu pecahan garis yang menjalar pada daun pokok dan pecahan cawen yang terdapat pada ukiran daun patran. Sehingga bentuk Pecahan ini dapat menambah keindahan dan kecantikan pada ukiran.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

NAMA= IDA SAFITRI
KELAS= 8D
SMP 3 WELERI
KOMENTAR saya tentang motif majapahit ini adalah salah satu ukiran di INDONESIA yang sangat menarik untuk dipandang dan dapat menambah keindahan dan kencantikan pada ukiran

Anonim mengatakan...

NAMA= RATIH AMITA F
KELAS= 8D
SMP3 WELERI
KOMENTAR saya tentang motif MAJAPAHIT adalah sebuah ukiran yang indah karena semua bentuknya berbentuk daun,bunga,buah yang melengkung cembung dan cekung

Anonim mengatakan...

NAMA : HIMMATUL ALIYAH
KELAS : 8D
SMP 3 WELERI
Komentar saya adalah
Bentuk : bagus , unik , dan lebih banyak cekungan juga berikal-ikal .
Kelebihan : lebih banyak daun dari pada buahnya dan motif majapahit salah satu ukuran di INDONESIA yang sangat indah dipandang .
kekurangan : seharusnya daunnya lebih baik lebar dan melengkung.

Anonim mengatakan...

NAMA= USWATUN KHASANAH
KELAS= 8D
SMP 3 WELERI
KOMENTAR saya tentang motif MAJAPAHIT adalah Sebuah karya unik yang mempunyai bentuk campuran cekung dan cembung

Anonim mengatakan...

NAMA : PURWANTI
KELAS : 8D
SMP 3 WELERI
Komentar saya ialah
Bentuk : sangat menarik , unik ,dan berikal cekung dan cembung.
Kelebihan : lebih melengkung juga lebih menarik kesan seseorang bila menghayatinya.
Kekurangan : sebaiknya daunnya diperbesar dan diperpanjang supaya lebih menarik .

Anonim mengatakan...

NAMA= SITI MUTHOHAROH
KELAS= 8D
SMP 3 WELERI
KOMENTAR saya tentang motif majapahit adalah sebuah ukiran yang bagus,unik dan cekung.indah dipandang semua orang

Anonim mengatakan...

DEWI HANDAYANI /8D/ SMP 3 WELERI

Menurut saya motif Majapahit ini adalah salahsatu motif tradisional yang sangat menarik untuk di pandang karena bentuk nya sangat unik ,bentuk nya berbentuk buah ,bunga ,daun yang cekung dan melengkung .

DEDY NOVIANTO mengatakan...

NAMA=DEDY NOVIANTO
KELAS=8D
NOABSEN=10
SMP 3 WELERI
KOMENTAR saya tentang motif majapahit unik,menarik.motif majapahit suatu motif yang sangat perlu dipertahankan dan dibudidayakan.motif majapahit sangat terkenal di Indonesia dan banyak cekungan di daun,bunga,buah yang melengkung cembung dan cekung.

KELEBIHAN mempunyai bentuk campuran antara yang cembung dan cekung.

KEKURANGAN Garis daun diperjelas agar lebih indah dan menarik.

Anonim mengatakan...

NAMA =AMILATUL JIHADAH
KELAS =8D
SMP 3 WELERI
KOMENTAR SAYA TENTANG MOTIF MAJAPAHIT adalah Hampir sama dengan motif CIREBON yang bermotif angkup yang pada bagian ujungnya melingkari ikal daun patran,

Anonim mengatakan...

Saya akan mengomentari TENTANG MOTIF MAJA PAHIT Bahwa motif tersebut merupakan salah satu ukiran tradisional berkembang di jawa.saya sangat terkesan dengan motif tersebut.


NAMA:DEDI KURNIAWAN
KELAS:8D
NO,ABS:9

Nala Aprilio mengatakan...

Ukiran bali tampak anggun dn lebih detail jga terlihat banget dimensinya