ALAM ADALAH SARANA BERKARYA SENI

19.04 Edit This 3 Comments »
Mungkinkah keasrian alam ini dapat dipertahankan, dari tingkah laku manusia yang tak bertanggung jawab


Bisakah bertahan area persawahan di Karangsari Kendal ini untuk tetap eksis kelestarian dan keasriannya.

Alangkah indahnya apabila kelestarian alam ini tetap terjaga, mungkin GLOBAL WARNING akan dapat dikendalikan.

SARANA adalah suatu wahana untuk melakukan dan mempermudah sesuatu. Sarana dianggap pula sebagai suatu alat yang dihubungkan dalam pemenuhan suatu kebutuhan tertentu. Sarana berkarya seni merupakan wahana maupun alat yang digunakan untuk melakukan dan mempermudah pemenuhan kebutuhan dalam kegiatan berkarya seni. Berkarya seni di sini adalah sesuatu yang ada hubungannya dalam dunia seni, baik berupa penciptaan karya seni, pameran seni maupun apresiasi dan kritik seni. Kegiatan seni akan berlangsung dengan baik apabila didukung dengan sarana yang memadai. Penciptaan karya seni akan dapat dilakukan karena didukung oleh sarana penunjang pembuatan karya seni tersebut. Pameran dan kegiatan apresiasipun juga tidak berbeda harus didukung oleh saran yang dibutuhkannya.

Alam merupakan salah satu sarana penunjang dalam berkarya seni. Penciptaan karya seni tidak akan dapat terwujud apabila tidak didukung oleh alam yang ada. Alam merupakan seluruh zat dan energi, khususnya dalam bentuk esensi (hal yang pokok). Alam termasuk segala sesuatu dari semesta yang di dalamnya terdapat manusia, binatang, tanaman dan proses yang dihubungkan dengan benda-benda mati. Kehidupan alam adalah segala bentuk interaksinya satu sama lain dengan lingkungannya. Alam atau dalam lingkup yang lebih kecil berupa lingkungan merupakan sarana yang tak mungkin dapat dilepaskan dalam dunia estetika. Estetika atau keindahan seni ini akan menelorkan bentuk-bentuk seni yang fenomenal apabila didukung oleh lingkungan yang menunjang.

Lingkungan yang menunjang untuk berkarya seni adalah lingkungan di mana seni itu tidak asing bagi orang atau masyarakat yang terdapat di dalamnya. Masyarakat yang selalu kreatif dan penuh inovatif untuk perkembangan seni. Alam yang mendukung perkembangan ini dapat pula berupa alam yang masih fresh atau segar untuk berfikir menumbuhkan daya imajinasi dan juga daya pengungkapan ide/perasaan secara mudah tanpa adanya penghalang yang cukup berarti. Alam yang fresh adalah alam yang belum terganggu ekosistemnya, alam yang masih seimbang, alam yang belum terkontaminasi benda-benda asing, alam yang belum terkena polusi, alam yang belum terkena pemanasan global (global warning). Gangguan pada alam akan mengganggu konsentrasi berfikir untuk mencetuskan suatu ide yang dapat diwujudkan dalam bentuk karya seni. Gangguan inilah berakibat sulitnya untuk dapat menemukan imajinasi yang akan divisualisasikan. Kesimpulannya alam yang terganggu akan berakibat terganggu pulalah dalam berkarya seni. Hal inilah yang membuktikan bahwa alam merupakan sarana yang sangat penting dalam pengungkapan suatu bentuk karya seni.

3 komentar:

suyono mengatakan...

Salam kenal Pak, saya juga guru seni budaya/seni rupa dari Musi Banyuasin-Sumatera Selatan.
Koment dikit Pak. Setuju Pak bahwasannya alam yang fresh dan masih alami (terberi) sangat menunjang proses kreatif, tapi, kalo boleh nambahin Pak, alam apa adanya sekarang (hasil perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab) seharusnya juga merupakan sumber inspirasi kan Pak....
Trimakasih sudah boleh koment.
Sukses untuk Anda Pak....

marsudiyanto mengatakan...

Wew...
Bloge Pak Eko Kimianto top markotop...

artkimianto blog mengatakan...

trims, Pak Yon atas kritik dan sarannya, pada artikel di atas penulis memang lebih mengedepankan dan menekankan pelestarian alam. Buat Pak Marsudi, Bapak adalah guru idola saya pada waktu SMA, trims atas segalanya