PELUKIS BATIK MODERN AMRI YAHYA

09.45 Edit This 0 Comments »


 Pelukis Batik Modern Amri Yahya, diambil dari http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/amriyahya.html

 Rumput Merah (1997), Batik 90 X 100 cm, karya Amri yahya, diambil dari http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/amriyahya.html

PELUKIS  AMRI YAHYA
Amri Yahya pernah ingin menjadi penyair. Urung, karena ia melihat sendiri jarang penyair yang kaya. Lalu ingin jadi sedadu. Ternyata, tidak direstui orang tua. Akhirnya pilihannya jatuh untuk menjadi pelukis. “Pekerjaan ini jauh dari korupsi,”katanya beralasan. 
Sebagai pelukis, lelaki kelahiran Palembang ini pun mencari sesuatu yang lain. Ia menjadi pelukis batik, sekaligus jadi pengusaha dalam bidang ini. Tentang batik yang dijadikannya media lukisan, dengan tegas dikatakannya bahwa itu adalah salah satu akar seni tradisional Indonesia.
Banyak lukisan batiknya berukuran besar. Selain membatik untuk lukisan, motif-motif abstrak batiknya juga digunakan untuk busana. Harganya juga tinggi. Saking mahal dan larisnya, ada saja yang menyontek mirip karyanya. Di pasaran banyak busana batik yang motifnya mirip karya Amri. Labelnya pun nyaris sama, ada yang Anri Y, ada pula Andri Yahya bahkan yang benar-benar mirip adalah Amir Yahya.


Bila mendapat undangan pameran dan ceramah, dimana saja, ayah empat anak ini selalu membawa perabotan lengkap; kompor kecil, canting, lilin dan perabotan membatik lainnya. Dengan cara itu ia mendapat sambutan hangat, karena ia tidak jarang mendemonstrasikan keahliannya, menyelingi ceramah. 
Amri melukis dengan media acrylic, acquarel, cat minyak dan menekuni media batik sebagai media ungkap. Sebab batik sebagai media ungkap tidaklah kalah tantangan eksperimentalnya dengan media lain. Pengamat seni mengatakan Amri melukis secara abstrak-ekspresionis kontemporer. Amri lebih banyak memilih lebak-lebung sebagai subject matter. Lebak lebung aadalah hamparan sawah ladang pasang surut pesisir timur Sumatera Selatan yang sangat kaya dengan potensi kehidupan dan keindahan.
 Dari sana ia menemukan bunga dan rumput yang yang bergoyang karena angin, butiran enbun warna-warni, air yang berkilau terkena sinar matahari dan rembulan pada masa pasang saat lahan itu hendak diolah untuk musim tanam.   Dan ketika musim panen tiba padi menguning seperti emas 
Pilihan terhadap lebak lebung sebagai subject matter, bagi Amri terasa lebih mudah karena lingkungan itu adalah tepat kelahiran dan masa kecilnya. Selain itu, menampilkan lebak lebung berarti mengedepankan pula potret sebagian besar rakyat Indonesia yang hidup dikawasan pedesaan serta mengandalkan sawah ladang sebagai sumber penghidupan. Seperti halnya petani, sawah ladang yang indah dan menjadi sumber inspirasinya itu, tidak boleh lenyap dari muka bumi Indonesia dengan alasan apapun.      
Ia Mendirikan Amri Galery di Yogyakarta dengan bangunan khas Jawa. Amri pernah berpameran di Australia, Jerman, Amerika Serikat, Mesir, Inggris, Belanda, Kanada, Denmark, Syria, Jepang dan tentu saja diberbagai kota di Indonesia. Amri disebut-sebut sebagai perintis terkemuka dalam seni lukis batik kontemporer.

0 komentar: