GAMBAR ILUSTRASI

14.10 Edit This 0 Comments »
Gambar Ilustrasi Anak : Si Kancil, Si Kucing dan Pak Tani, karya Eko Kimianto, pada kertas HVS dengan menggunakan spidol.

Pengertian gambar ilustrasi

Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang bertujuan memperjelas suatu pengertian.

Gambar ilustrasi yang baik harus dapat menggambarkan dengan jelas pesan/hal yang ingin disampaikan/dijelaskan.

Sebelum menggambar, ketahuilah ragam ilustrasi yang hendak digambar. Tentukan coraknya dan media yang akan dipakai.

Tahap pengerjaan gambar ilustrasi: mencari gagasan, membuat sketsa dan pewarnaan.

Corak gambar ilustrasi adalah: Realis, Karikatural dan dekoratif.

Realis adalah gambar dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, baik proporsi maupun anatomi dibuat sama menyerupai dengan objek yang digambar.

Karikatural dibagi 2 yaitu: Karikatur dan Kartun.

Karikatur berasal dari bahasa Italia yaitu caricature yang berarti melebih-lebihkan atau menubah bentuk (deformasi). Gambar karikatur hamper sama dengan gambar kartun tetapi menampilkan objek seseorang dengan karakter yang aneh dan lucu. Pada umumnya penggambaran ditonjolkan pada bagian kepala dengan tidak meninggalkan karakter tokoh yang digambar. Biasanya gambar karikatur mengandung sindiran dan kritikan. Tokoh karikatur Indonesia diantaranya: Sibarani, T.Sutanto, Pramono, GM Sidharta dan Alex Dinuth.

Kartun adalah gambar yang berfungsi untuk menghibur, karena berisikan humor, gambar kartun dapat berupa gambar tokoh binatang atau manusia.

Yang terkenal dengan bapak kartun moderen adalah William Hogart dari inggris (1697-1764), sedangkan kartunis Indonesia diantaranya: Hari Pede, Gunawan Raharjo, Itos Budi Santoso dan sebagainya.

Artikel ini diambil dari http://aiumbi.wordpress.com/2010/01/15/pengertian-gambar-ilustrasi/


PELUKIS WANITA FARIDA SRIHARDI

08.53 Edit This 0 Comments »
Bentuk lukisan karya Farida Srihardi, diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

Farida Srihardi lahir di Baturaja, Sumatera Selatan, 9 Juli 1942. Sarjana Fakultas Seni Rupa, ITB / 2003. Pernah mendapatkan Piagam penghargaan Pameran Internasional Seni Rupa Asia ke-7 / 1995, Cultural Award dari pemerintah Australia / 1998 dan macam2 penghargaan2 lainnyaArtikel ini diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344.

KARTIKA AFFANDI

08.47 Edit This 0 Comments »
Salah satu bentuk lukisan Kartika Affandi, diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

Kartika Affandi belajar melukis pada ayahnya, maestro lukis Affandi, namun dengan demikian melukis secara sungguh-sungguh baru dimulainya dengan Sapto Hudoyo. Tahun 1957 untuk pertama kalinya pameran bersama –dengan pelukis wanita di Yogyakarta, ditahun 1958 pameran bersama keliling Negara-negara sosialis. Pada tahun 1964, ia mengikuti pameran bersama di Museum Modern of Art, Rio De Janeiro, Brazil. Di tahun 1967, membantu Affandi membuat lukisan dinding (Fresco) di East West Center University of Hawaii, USA. Di tahun 1977, ia menjadi kurator pada museum Affandi hingga sekarang Artikel ini diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

PELUKIS WANITA UMI DACHLAN

08.40 Edit This 0 Comments »
Bentuk lukisan dari Umi Dachlan, yang diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

Umi Dachlan adalah pelukis wanita yang lahir di Cirebon, 13 Agustus 1942. Senang menggambar sejak kecil. Setelah menamatkan SMA, Umi melanjutkan ke Departemen Seni Rupa ITB, lulus 1968. Tahun 1977-1979, ia melanjutkan pada Kunstacademie Gerrit Rietveld, Amsterdam, Belanda. Alam dan benda merupakan sumber ilhamnya dalam melukis. Pengungkapan secara visual di wujudkan dalam bentuk non-figuratif. Melalui proses perenungan yang panjang, perwujudan alam nyata sudah tidak lagi merupakan suatu kebutuhan. Baginya, perjalanan karya lebih merupakan pendekatan intuisi yang didasari pengalaman religius. Artikel inidiambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

PELUKIS WANITA HENING PURNAMANWATI

08.20 Edit This 0 Comments »
Lukisan karya Hening purnamanwati, diambil http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

Karya Hening Purnamanwati, diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

Perempuan pelukis ini adalah asset yang sangat berharga bagi Jawa Timur. Sejak lulus dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 1987, langsung masuk ke Surabaya dan menggelar pameran tunggal di Pusat Persahabatan Indonesia Amerika (PPIA) tahun 1988. Sejak itu pameran demi pameran diikuti dalam skala lokal, regional hingga internasional. Terakhir, pameran keliling Asia, Eropa dan Australia selama 3 tahun, khusus perupa perempuan (Text and Subtext). Dan Hening adalah salah satu dari dua peserta perempuan Indonesia, disamping Arahmaiani dari Bandung. Artikel ini diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

PELUKIS WANITA NUNUNG WS

07.57 Edit This 0 Comments »
Lukisan karya nunung WS, diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Pelukis Nunung

Pelukis Nunung bukanlah penganut aliran abstrak murni. Ia lebih cenderung mengabstraksikan obyek-obyeknya seperti : pemandangan, perahu, gunung/bukit atau sosok manusia atau modelnya sebagai media penyampaian ide yang lahir akibat penghayatannya terhadap apa saja yang dijadikan observasinya. Nunung tidak menempuh metode awal melukis secara realis atau naturalis, yang lazim dilakukan oleh para mahasiswa atau calon pelukis dengan menempuh latihan teknik awal yang melukis dengan cara naturalis/realis dan harus tepat benar dengan setiap obyek yang dilukisnya untuk mendapatkan pengalaman teknik : pembentukan, anatomi, volume, benda, perspektif, ritme garis, komposisi, nuansa warna dan seterusnya. Nampaknya Nunung menganggap proses semacam itu sangat mengikat dirinya serta akan menghabiskan waktu yang sangat panjang, padahal yang diinginkan adalah hakekat dari objek yang memiliki sari pati kejiwaan dengan kata lain yang diinginkan adalah jiwa dari setiap objek yang dihadapinya. Kiranya hal itu yang melatar-belakangi hampir seluruh karya-karyanya. Kelihatan keren elegan. Artikel ini diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8430344

MENGENANG SAPTO HUDOYO

22.18 Edit This 0 Comments »
Gambar diambil dari

http://www.trenggalekjelita.web.id/2010/08/sapto-hudoyo-dari-kuli-jadi-pelukis.html).


MENGENANG SAPTO HUDOYO

(Artikel ini diambil dari http://www.trenggalekjelita.web.id/2010/08/sapto-hudoyo-dari-kuli-jadi-pelukis.html).

SAPTO HUDOYO, Pelukis dan seniman kondang, pemilik galeri di berbagai kota di Indonesia. Ia pernah menjadi pelukis keluarga kerajaan Malaysia. Desain interior, patung dan arsitekturnya menjadi langganan konsumen dari dalam dan luar negeri.

Sapto Hudoyo lahir tanggal 6 Februari 1925 di Solo. Nama kecilnya Piek, anak ketujuh dari 18 bersaudara keturunan KRT dr. Hendronoto. Kepandaiannya melukis sudah terlihat sejak kecil. Di sekolah ia mendapatkan nilai tinggi untuk mata pelajaran melukis. Ia pernah mendapatkan juara pertama lomba melukis antar-sekolah se-kota Solo.

Pada tahun 1945 Piek yang ketika itu duduk di sekolah lanjutan, bergabung dengan Tentara Pelajar (TP). Pada usianya yang ke-20 ia turut bertempur bersama Bung Tomo di Surabaya dan juga pernah berperang di front Ambarawa.

Semasa Perang masih berlangsung, Piek jatuh cinta pada Tuti, gadis belia adik mantan menteri penerangan RI Maladi. Sayang, si gadis tak berumur panjang, wafat lantaran sakit. Masih memendam rasa kecewa dan frustasi, Piek berkelana mencari pengalaman ke luar negeri. Negara tujuan pertamanya adalah Singapura.

Sebelum hijrah ke Singapura Piek telah menyelesaikan pendidikan SMA, dan telah memiliki pengalaman sebagai fotografer dan teknikus bidang mesin dan elektro. Ia sempat pula memiliki ijasah Akademi Penerbangan. Pada tahun 1947 Piek bertekad mati-matian pergi ke Singapura melalui Tegal hanya dengan membawa bekal uang Rp 2000. Dari Solo ia berjalan kaki ke Tegal. Pengalaman pergi jauh seperti ini pernah ia dapatkan sewaktu kecil. Ia pernah bersepeda mini sampai ke pulau Bali bersama teman-temannya. Sesampai di Tegal Piek hanya mendapati sebuah kapal tongkang milik pedagang Cina yang sedang mengangkut telor, cabe, bebek dan kapuk. Kendati mendapat perlakuan kurang ramah, Piek dipersilakan menumpang kapal hingga ke Singapura. Syaratnya Piek harus membantu bekerja di depan, sementara tidurnya berada di belakang dekat WC yang berbau tak sedap dan banyak kecoanya.
Kondisi seperti ini tidak masalah, hanya yang sungguh membuat ia lemas tak berdaya adalah pada saat hujan deras dan kapal terombang-ambing oleh gelombang tinggi. Berkali-kali ia mabuk laut, badannya lemas dan kaki tangannya sulit digerakkan. Keadaan itu masih diperparah dengan munculnya gerombolan kecoa yang mengerubuti serta menggigit kakinya hingga berdarah. Ia hanya bisa menangis dan pasrah kepada Tuhan.

Di Singapura ia tidur di emperan toko. Atas jasa baik seorang pemilik toko ia diselamatkan dari tangkapan polisi karena dituduh menjadi gelandangan gelap. Untuk bertahan hidup Piek berkerja apa saja seperti menjadi pelayan toko Bombay, tukang angkut ember berisi kotoran manusia untuk pupuk dan pernah menjadi supir taksi. Di antara kesibukannya itu Piek masih menyempatkan diri melukis. Skets lukisannya kian lama kian berbobot, hingga seorang konsul Inggris di Singapura mengaguminya.

Piek terus melukis. Hingga suatu hari dia mendapatkan kesempatan melakukan pameran di sebuah ruangan besar konsulat Inggris di Singapura. Pada tahun 1947 ia mendapatkan hadiah pertama pada suatu exhibition di Malaysia untuk lukisan cat air dan cat minyak. Berkat prestasinya di bidang seni lukis inilah Piek mendapatkan kesempatan berkenalan dengan tokoh-tokoh terkemuka seperti Sutan Sjahrir dan Kusumo Utoyo. Lantas mereka bersama-sama mendirikan Indonesia Office di Singapura.

Langkah Piek menjadi pelukis tenar terbuka lebar. Kerajaan Malaysia pernah mempercayakan lukisan keluarga kepadanya. Ia lantas mengadakan pameran di Penang, dan sempat bertempat tinggal di Sunday Market sebuah kawasan di negeri jiran itu yang banyak ditinggali orang Jawa. Di tempat ini Piek mendirikan kelompok musik “Tiga Teruna” yang dipimpinnya sendiri. Dalam pergumulan hidup bersama pemusik ini dia pernah mendapat kesempatan tampil menyanyi bersama Felix Manderson, vokalis tenar asal Hawai.

Pada tahun 1950-1951 Piek pergi ke Negeri Belanda, belajar di Rijks Academic Amsterdam. Tahun 1952-1953 ia mendapatkan subsidi dari pemerintah Republik Indonesia untuk belajar di State School of Arts London. Di tempat ini ia berjumpa dengan Kartika, putri pelukis legendaris Affandi, keduanya jatuh cinta kemudian melangsungkan pernikahan. Dari perkawinannya ini Piek mendapatkan delapan orang buah hati. Sayang, bahtera rumah tangganya kandas di tengah jalan. Setelah resmi bercerai Piek kembali menikah dengan gadis Purwokerto bernama Yani. Mereka dikaruniai seorang putra. Bersama Yani Piek mendirikan galeri seni di kawasan jalan Solo Yogyakarta diberi nama Sapto Hudoyo Art Gallery.

Galeri serupa juga didirikan di beberapa kota seperti Airport Semarang, Denpasar Bali, Kaliurang dan Sahid Garden Hotel Yogyakarta, serta Pondok Indah Jakarta Selatan. Galeri seninya memajang lukisan karya Sapto Hudoyo, batik, dan baju-baju yang memiliki motif kualitas tinggi. Piek juga menerima order membuat patung perunggu, desain interior dan arsitektur. Ia yang membuat dekorasi mural pada Stadion Utama Senayan Jakarta, mural dan desain interior semen Gresik, interior pada Food Factory di Bandung, mural dan desain interior Hotel Borobudur Jakarta. Pesanan dari luar negeri datang dari beberapa kota besar seperti Canes, Hamburg, Frankfurt, Roma, London, Perancis, Denmark, Rio de Janeiro Brazil.

Saptohudoyo meninggal dunia, Rabu pagi pukul 05.00 WIB di rumah sekaligus galerinya, Jl. Solo Km 9,8 Desa Maguwoharjo, Depok, Kab. Sleman, D.I.Yogyakarta dalam usia 78 tahun. Jenazahnya dimakamkan di makam seniman Giritirto, Imogiri, Bantul. Sapto Hudoyo meninggalkan dua istri, Kartika Affandi, putri pelukis besar Affandi dan Yani Saptohudoyo, serta 9 anak dan 3 cucu.