KEABADIAN SENI RUPA

16.26 Edit This 0 Comments »
Contoh karya seni rupa relief yang ada pada candi.

"KARUNIA-RAPUH" salah satu contoh judul dan visual karya seni rupa.

Salah satu bentuk karya seni rupa yang diberi judul "ROOMMATE".

Hari telah berganti dengan hari, keseharianku masih berkutat dengan kesibukan yang berhubungan dengan seni rupa. Memang itu sudah menjadi satu pilihanku. Pilihanku di samping juga sebagai suatu kewajiban yang harus aku kerjakan. Kewajiban yang juga aku tuntut mengenai hasil yang akan aku terima, sebagai hakku. Kesadaran atas hak dan kewajiban itulah yang membuatku masih terus bertahan, di samping aku memang mempunyai kemampuan dan bakat di bidang itu, yaitu bakat sebagai seniman rupa.
Suatu pilihan merupakan sesuatu yang telah disukai diantara beberapa kesenangan atau kesukaan mengenai suatu kegiatan, permainan maupun hiburan. Jadi pilihan itu adalah sesuatu yang paling disukai dibandingkan yang lain sebagai pembanding yang telah dipilih. Pilihan berarti yang terbaik diantara beberapa pilihan yang lain. Jadi seni rupa merupakan suatu kegiatan yang terbaik dan yang paling aku sukai diantara pilihan-pilihan kegiatan yang lain. Dengan kata lain Seni Rupa adalah best of the bestnya.
Walaupun keseharian yang aku jalani seperti itu terus menerus, akupun takkan pernah merasa bosan. Aku memang merasa teramat suka dan hobi terhadap kreatifitas yang harus aku jalani ini, di samping juga bakat yang telah tersalur di dalam diri saya. Suka, hobi dan bakat apabila telah menyatu takkan ada lagi yang bisa memisahkannya, karena hanya hal itulah yang membuat manusia itu tetap betah untuk menekuninya, wealaupun dana yang harus dikeluarkantidak sepadan dengan hasil yang diterima.
Seni rupa memang merupakan suatu kegiatan yang sangat bervariatif dan selalu berubah setiap saat, untuk menghasilkan hal-hal yang baru, hal-hal yang belum pernah ada. Orang awam pasti akan menganggap seni rupa akan selalu tetap atau monoton. Padahal anggapan semacam ini tak berlaku bagi seseorang telah berkecimpung dalam seni rupa. Seni rupa atau seni pada umumnya takkan pernah berjalan tetap di tempat. Seni rupa akan selalu berjalan dan berpindah-pindah menuju bentuk-bentuk baru sebagai hasil kekreatifitasannya. Semakin lama akan semakin berkembang dan semakin maju bersamaan dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang bertambah modern.
Seni rupa tak akan pernah tertinggal oleh zaman. Zaman yang berganti akan berganti pula jenis dan bentuk karya seni rupanya. Bertambah modern suatu zaman akan bertambah modern pula kekreatifannya sesuai dengan selera dan kesukaan orang-orang yang berada pada zaman itu. Insannya berbeda dan berganti-ganti, seleranya juga ikut berganti, modepun juga ikut berganti, seni rupanya tetap ada dan hadir sesuai dengan bentuk gagasan dan ide baru serasi dan sesuai dengan insan, selera maupun mode yang ada pada saat itu. Dengan kata lain siapapun orang dan zamannya seni rupa akan selalu eksis sepanjang kehidupan kebudayaan manusia.
Aku hanyalah satu individu yang berada pada satu masa dari sekian juta atau bahkan milyar manusia yang hidup dari ribuan masa kehidupan yang ada. Jadi banyak sekali dari insan-insan yang takkan pernah bosan untuk berkreasi membuat visualisasi bentuk baru dari seni rupa yang selalu segar dan bergairah hasil karya ciptanya. Perupa satu tiada akan digantikan beribu-ribu perupa lainnya bahkan berjuta-juta penggantinya. Seni rupa akan abadi selama kehidupan kebudayaan manusia masih tetap ada. Dengan kata lain selama kehidupan di alam semesta ini masih ada, seni rupapun akan selalu eksis hidup berdampingan dengan berjalannya kehidupan manusia.

0 komentar: