KREATIFITAS KALIGRAFI MODERN

09.27 Edit This 0 Comments »
KALIGRAFI ini aku ambil dari majalah Hidayatulloh, yang selalu menampilkan karya-karya kaligrafi produk hidayatulloh dengan penuh daya tarik dari segi estetika maupun dari segi religi. Di sini penulis hanya menyoroti dari segi estetika sesuai dengan bidang profesi yang digeluti, baik dari cara pandang kesesuaian pendidikan maupun profesionalismenya. Kaligrafi ini memang lebih menekankan pada jenis kaligrafi modern yang penekanannya lebih mengutamakan kebebasan dalam berekspresi seni walaupun juga tidak lepas dari dari kaidah-kaidah penulisan huruf-huruf arab yang bernuansa Islami. Tidak dapat dipungkiri dalam pembuatan kaligrafi ini siseniman mempunyai misi-misi tertentu dalam makna penulisan huruf tersebut. Itu hak siseniman untuk mengembangkan kretifitasnya, dan hal itu jugalah yang mengangkat tentang nilai-nilai positif dalam pengembangan agama Islam. Lepas dari itu semua penulis ingin menekankan kaidah-kaidah estetika yang ada dalam karya tersebut. Dari segi komposisi seni, kaligarafi ini lebih memfokuskan pada dominasi sentral. Dominasi sentral maksudnya adalah karya ini lebih terfokus pada huruf-huruf pokok (objek utama) yang diletakkan pada bagian tengah dari bidang gambar. Sehingga keseimbangan (balance) dari karya ini lebih mudah untuk dikuasai oleh sipencipta seni. Kemudahan penguasaan bidang ini bukan berarti mengurangi nilai estetika yang terkandung di dalamnya, bahkan dengan kemudahan ini justru lebih mempermudahkan untuk menampilkan kelebihan-kelebihan karya tersebut untuk lebih memaksimalkan hasil karya cipta seni ini. Penguasaan objek utama maupun background (latar belakang) ditampilkan menarik sekali dengan dipadu dengan keserasian pewarnaan yang dominan dengan warna menghentak untuk membedakan warna panas dengan warna dingin. Warna dingin lebih terfokus pada objek utama dengan menggunakan warna hitam dipadu dengan list huruf berwarna putih keabu-abuan. Warna tersebut menjadikan objek utama berkesan lebih tenang dan berwibawa. Sedangkan background menampilkan berbagai warna yang dipadu sedemikian rupa sehingga warna cerah dan warna gelap terasa serasi dan menyatu membentuk suatu kejelasan makna tentang keindahan seni. Background juga sangat mendukung keberadaan objek utama, sehingga dapat benar-benar memaksimalkan bentuk keseluruhan dari kaligrafi ini. Hal inilah yang dapat memperlihatkan keunggulan bentuk maupun memperjelas misi yang terkandung dalam makna huruf tersebut.
Warna-warna yang ditampilkan yaitu warna hitam, merah jingga, ungu, biru, kuning dan putihkeabu-abuan. Dari kesekian warna yang ada, warna yang dominan adalah warna hitam dan warna merah jingga. Warna hitam penekanan utama pada dominasi bentuk huruf sedangkan warna merah jingga untuk mendukung kecerahan pada latar belakang karya tersebut. Penguasaan bidang gambar secara keseluruhan memang merupakan keunggulan utama pada karya ini, walaupun kelebihan per point dalam setiap unsur-unsur bentuk maupun pewarnaan juga mempunyai nilai lebih dalam arti karya ini secara keseluruhan dapat dikatakan karya yang bagus dan menarik. Yang perlu ditingkatkan pada karya ini adalah dari segi kreasi bentuk huruf yang perlu lebih dimodifikasi, distilasi atau didistorsi. Perubahan itu nantinya akan dapat meningkatkan daya kreasi yang lebih tinggi dan nilai kemodernannya akan lebih kelihatan nyata. Kemodernan dan tingkat daya cipta kontemporer memang sangat dibutuhkan untuk pengembangan karya-karya kaligrafi di masa yang akan datang, sehingga nantinya akan muncul berbagai jenis aliran dalam berkarya kaligrafi. Penekanan perkembangan tersebut semuanya memang tidak boleh lepas dari kaidah prinsip penulisan kaligrafi huruf Arab, terutama yang berkaitan dengan huruf atau ayat-ayat yang ada dalam kitab suci AL-Quran. Untuk bentuk kaligrafi bentuk huruf yang lain memang tidak ada batasan yang prinsip, karena tidak ada kaitannya dengan kemurnian ajaran agama Islam. Bentuk kaligrafi huruf yang lain lebih menekankan pada keindahan secara total demi kepentingan "SENI UNTUK SENI".


0 komentar: