KOLEKSI KALIGRAFI DARI MAJALAH HIDAYATULLOH

10.13 Edit This 0 Comments »
BentukKaligrafi ini lebih menekankan perpaduan warna-warna yang segar dan ranum, terutama lebih ditekankan pada komposisi warna latar belakang objek utama yaitu memadukan warna merah, hijau muda dan hijau tua, kuning, jingga dan putih. Sedangkan objek utama lebih menekankan pada warna-warna yang dingin yaitu warna ungu dan warna ungu kemerahan. Objek utama ( kaligrafinya ) dengan memadukan warna tersebut mempunyai kesan lebih tegas dan berani, sehingga perpaduan keseluruhan pada bidang gambar lebih kelihatan kejelasan bentuknya. (Gambar dari Majalah Hidayatulloh).
Kaligrafi di atas lebih menekankan warna-warna dingin pada latar belakangnya, sedangkan warna-warna cerah terfokus pada objek utama. Komposisi bidang lebih menekankan kesan asimetris, sedangkan kejelasan objek utama pada kaligrafi ini lebih ditonjolkan. (Gambar diambil dari majalah Hidayatulloh)

Kesan pertama pada kaligrafi ini adalah mempunyai kesan yang menyerupai serat-serat pada kayu, sehingga penekanan warna yang dominan adalah warna-warna coklat yang dimodifikasikan. Sedangkan bentuk kaligrafinya memunculkan warna kuning yang lebih dominan. Komposisi gambar lebih menekankan kesan memusat, yang dapat menonjolkan kesan dominasi utamanya. (Kaligrafi dari majalah Hidayatulloh).


Bentuk kaligrafi terkesan sederhana dengan menampilkan tulisan yang bercorak klasik dengan warna hitamnya, sedangkan latar belakang juga dengan perpaduan warna sederhana yaitu lebih mengutamakan warna hijau dengan gradasi warna yang lebih tua menuju ke warna muda. Walaupun begitu kesederhaan ini dapat memperindah keklasikan objek utamanya. (Gambar diambil dari majalah Hidayatulloh)

Bentuk melingkar pada latar belakang ini untuk lebih menonjolkan kaligrafinya yang menampilkan huruf yang masih sederhana. Bentuk huruf belum memperlihatkan penggayaan bentuk yang lebih total artinya bentuk huruf masih seperti huruf-huruf Arab biasa, belum didistorsi atau distilasi bentuknya. Sebenarnya bentuk huruf ini lebih banyak didongkrak oleh komposisi yang disusun sebagai backgroundnya, sehingga kesederhanaan kaligrafi ini tak begitu terlihat. Yang lebih terlihat adalah kesatuan latar belakang yang mengangkat keklasikan betuk objek utama. (Gambar diambil dari Hidayatulloh).

Bentuk kaligrafi ini lebih menekankan pada bentuk yang kokoh, seperti yang terlihat pada gambar tersebut adanya bentuk-bentuk yang menyerupai tembok dengan kesan relief pada tulisan atau objek utama tersebut. Bentuk kaligrafi terkesan tegar, kuat dan tegas dengan didukung warna-warna gelap sebagai latar belakangnya. Kesan warna cerah sedikit ditampilkan pada objek utamanya, dengan memunculkan warna kuning kehijauan dam jingga kekuningan. (Gambar diambil dari majalah Hidayatulloh).

Warna-warna ekspresif ditampilkan pada karya ini, warna energik, warna riang gembira dan warna yang lebih kontemporer dipadukan sedemikian rupa sehingga mengangkat karya kaligrafi ini lebih menarik dan membuat karya ini sebagai karya unggul dalam bentuk kaligrafi kontemporer dan modern. Variasi warna yang sangat dominan ini menunjukkan kehandalan penciptanya dalam mengembangkan karya kaligrafi modern. (Gambar diambil dari majalah Hidayatulloh).







0 komentar: