EKSPLORASI LUKIS CAT MINYAK

12.37 Edit This 0 Comments »
MELUKIS dengan menggunakan cat minyak biasanya dituangkan pada bidang gambar kanvas. Menurut pencipta karya ini adalah suatu hal yang, tetapi apabila melukis menggunakan cat minyak menggunakan bidang gambarnya dari kertas dopleks merupakan sesuatu yang jarang dilakukan oleh pelukis. Hal ini dicobakan untuk sekedar bereksplorasi melukis cat minyak pada bidang yang langka dilakukan, untuk menemukan sesuatu yang lebih menarik. Menarik dari segi kreatifitas dan menemukan hal yang baru dari hasil torehan cat minyak yang ada di atas kertas. Memang hasil warna yang dihasilkan tidak secerah apabila dituangkan pada kanvas, tetapi paling tidak dapat menemukan hal yang baru. Hal yang baru ini terutama pada nuansa warna yang agak kelam dan redup, untuk memberikan kesan keadaan yang dingin maupun keadaan kegelapan yang dihasilkan dari bayangan pepohonan yang sangat rindang. Mungkin juga untuk memberikan perbedaan yang lebih kontras antara kegelapan dan pemberian cahaya putih yang memancar. Kesan-kesan itu dapat terlihat dengan jelas pada keredupan gambar yang ditampilkan di atas maupun gambar yang lebih di bawah yang kelihatan lebih besar dan jelas.
Eksplorasi ini juga untuk mengembangkan teknik-teknik baru yang dapat dilakukan oleh seorang pelukis di dalam menciptakan berbagai karya dengan menggunakan beraneka ragam media dan teknik yang ada. Tingkat kesulitan menggunakan cara ini memang terlihat lebih tinggi, terutama pada saat cat minyak akan dituangkan pada kertas. Harus benar-benar diperhitungkan dengan matang sehingga warnanya tidak terlalu lusuh atau terkesan kumuh dan kotor.
LUKISAN INI menggambarkan suasana kehidupan pedesaan yang masih murni dengan berbagai macam suasana di dalamnya. Gambar tersebut terdapat perahu kecil dengan orang di atas perahu tersebut, dan juga terdapat kehidupan hewan angsa yang masih bebas lepas tanpa adanya gangguan di dalam mengarungi kehidupannya. Latar belakang alam yang redup dengan cahaya mentari yang dipantulkan lewat air, dapat menambahkan kesan semakin merasuk dalam hati tentang keindahan alam bebas yang ada dipedesaan. Memang pelukis dalam hal ini penulis memang tidak sekedar mengumbar ekspresi tetapi sekedar menyelipkan pesan-pesan tentang BACK TO NATURE atau kembali ke alam. Hal ini penting karena perkembangan zaman sekarang yang mulai melupakan tentang pentingnya alam yang perlu mendapatkan perlindungan mengenai keasrian dan kemurniannya. Sehingga nantinya tidak akan adanya kekhawatiran mengenai akibat adanya global warning (pemanasan global) yang kini semakin dirasakan akibatnya. Akibat kelalaian kita terhadap kelestarian alam ini dapat kita rasakan dengan adanaya suhu udara yang semakin panas di atas kewajaran, iklim yang semakin tidak teratur dan juga mencairnya gunung-gunung es di kutub-kutub bumi. Mumpung belum terlambat terlalu jauh, mari kita canangkan kesadaran pada tiap individu untuk melestarikan alam sesuai dengan kemampuan dan keahlian maupun profesionalismenya masing-masing. Semoga tetap lestari alamku, sesuai dengan judul lukisan ini "LESTARI ALAMKU".

0 komentar: