CRAYON LANDSCAPE

10.27 Edit This 0 Comments »
Melukis dengan objek pemandangan alam bukanlah sesuatu yang asing. Objek pemandangan alam merupakan objek gambar yang telah sering ditemukan dalam berbagai pameran ataupun dalam pasar seni. Oleh karena itu, objek alam ini terkadang dijadikan satu objek gambar yang agak dikesampingkan keberadaannya untuk saat ini. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar, karena ada beberapa faktor penyebabnya. Beberapa penyebabnya adalah gambar alam ini terlalu banyak atau sering dibuat oleh para pencipta seni, sehingga menimbulkan kesan kejenuhan dan kekurangkreatifan untuk menciptakan objek karya bentuk-bentuk alam. Penyebab yang lain, mengenai teknik penciptaannya yang kurang tertantang, karena teknik yang digunakan merupakan teknik-teknik gambar yang sederhana dan terkesan hanya meniru bentuk-bentuk teknik yang telah sering dikerjakan oleh para seniman. Kemudian penyebab yang lain lagi adalah dengan adanya kemajuan teknologi baik dari perkembangan fotografi maupun teknologi yang lain yang berkaitan pengeksposan alam yang lebih realistis monumental. Penyebab yang lain tentunya masih banyak lagi.
Melukis dengan objek pemandangan alam supaya tidak berkesan karya yang dikesampingkan, para pelukis seharusnya harus lebih jeli lagi. Kejelian ini penting sekali supaya tidak terjebak dengan kesan-kesan negatif tersebut. Objek bolehlah mengambil dari alam secara keseluruhan, tetapi penampilan harus lain. Penampilan yang lain diantaranya adalah menggunakan teknik lukis yang baru yang lebih mengedepankan pengungkapan hati nurani sipenciptanya secara spontanitas, menggunakan warna-warna yang tidak harus sama dengan warna alam yang nantinya bisa berkesan seperti karya mimikri (peniruan total), bentuk alam dapat dirubah menjadi bentuk yang lebih imajinatif. Sehingga karya yang dihasilkan menjadi satu karya yang berbeda dari sekedar karya lukis pemandangan alam biasa.
Melukis landscape dengan media crayon bisa dijadikan salah satu alternatifnya. Crayon menurut penulis merupakan salah satu alat lukis yang dapat menampilkan kesan imajinatif, spontan dan ekspresif. Hal ini bisa dipadukan dengan penggayaan, kekhasan dan kemampuan berkreasi masing-masing pelukisnya. Crayon memang dapat menghasilkan warna yang jelas, kontras dan berani dengan ketegasan warna yang ada. Warna crayon adalah warna yang paten, artinya warna yang dihasilkan adalah warna yang pasti sesuai dengan warna yang ada pada batang crayon tersebut. Berbeda dengan warna cat air, cat poster, cat minyak yang bisa dikombinasikan pada waktu mencampur dan memadukan warna dengan air atau minyak cat. Ketegasan warna crayon ini hanya bisa disiasati dengan menggoreskan warna secara berdampingan dan dengan penumpukan warna yang benar. Penumpukan warna pertama dengan warna berikutnya janganlah terlalu pekat, sehingga natinya masih dat ditumpuki warna yang lain.
Lukisan di atas adalah salah satu contoh bentuk lukisan menggunakan crayon dengan objek pemandangan alam atau landscape. Lukisan tersebut berusaha untuk menampilkan objek alam yang berbeda, tidak sekedar memindahkan bentuk alam ke dalam bidang gambar. Lukisan ditampilkan dengan menggunakan coretan crayon secara bebas tanpa adanya penekanan teknik-teknik tertentu secara teoritis. Penekanan teknik secara teoritis berakibat hasil coretannya menjadi lebih terstruktur dengan teknik dan bentuk-bentuk yang telah ada. Sehingga hasilnya kembali pada bentuk pemandangan alam yang lebih mengedepankan kesamaan dan pemindahan bentuk belaka. Mungkin juga dengan adanya aturan tersebut akan membelenggu pelukis untuk menciptakan karya yang lain daripada yang lain, yang lebih fresh dan lebih inovatif. Dengan adanya kebebasan untuk mengungkapkan dan melampiaskan daya kreatifitas sesuai imajinasi dan perasaan, nantinya karya yang tercipta merupakan karya landscape yang berbeda dengan bentuk pada umumnya. Karya yang dihasilkan bukan karya mimikri atau penjiplakan secara total keberadaan alam. Karya yang berbeda dengan hasil fotografi atau pemakaian kemajuan teknologi yang ada. Hasil yang diciptakan seniman merupakan hasil yang takkan tertandingi dengan sekedar hasil fotografi atau dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Seniman merupakan sosok yang lain, yang selalu menghasilkan karya yang baru, karya yang monumental yang tak tertandingi dengan peralatan lain hasil buatan manusia biasa. Tangan seniman adalah tangan yang terampil dan kreatif, maka layaklah mendapatkan penghormatan sebagai insan produktif.

0 komentar: