ARSITEKTUR MASJID JAMI' KENDAL

10.40 Edit This 0 Comments »
Arsitektur Masjid Jami' Kendal yang memperlihatkan jalan utama menuju masjid melewati sebelah utara Kendal Permai Baru dari arah GOR Bahurekso.
Sudut pandang yang agak bergeser sedikit dari gambar di atasnya dengan memperlihatkan pintu gerbang masuk, kubah utama, menara tunggal masjid dengan dilengkapi di sebelah timur selatan masjid sebuah makam bersejarah pendirian masjid Kendal yaitu makam Wali Joko. Makam ini menjadi salah satu tujuan para peziarah apabila akan berziarah di tempat-tempat bersejarah yang bersifat keagamaan di kota Kendal. Selain makam tersebut ada beberapa makam tujuan ziarah seperti makam Wali Gembyang, Wali Hadi dan Sunan Katong yang ada di Kaliwungu.

Arsitektur Masjid Jami' Kendal dilihat dari jalan Masjid, dengan memperlihatkan kubah induk dan tiga kubah kecil sebagai pintu gerbang masuk masjid. Bentuk masjid sekarang sudah beberapa kali mengalami perubahan dari bentuk asal berdirinya masjid.


Menara Masjid Jami' Kendal dengan bentuk menjulang tinggi untuk menampilkan kekokohan dan keindahan seni arsitektur masjid yang merupakan pengembangan seni bangun Timur Tengah dengan memadukan ciri khas daerah setempat


Menara Masjid dilihat dari pertokoan Kendal Permai Baru yang terlihat sangat jelas untuk menambah keanggunan bangunan yang berpadu dengan lingkungan sekitar yaitu di wilayah keramaian Kendal Kota dengan pertokoan, jalan raya, aloon-aloon sertaGOR Bahurekso.




0 komentar: